Semangat Kawan….!!!

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi setiap unsur komunikasi baik bersifat positif maupun negatif. Faktor tersebut yaitu :

a)      Kredibilitas

Kredibiilitas terdapat dan berpengaruh pada sumber (komunukator) dalam keberhasilan proses komunikasi , karena hal ini mempengaruhi tingkat kepercayaan sasaran terhadap pesan yang disampaikan.

b)      Isi Pesan

Pesan yang disampaikan hendaknya mengandung isi yang bermanfaat bagi kebutuhan klien atau yang dapat memecahkan masalah klien.

c)      Kesesuain dengan Kepentingan Sasaran

Pesan yang disampaikan harus berhubungan dengan kepentingan sasaran. Karena itu dalam berkomunikasi dengan klien perawat harus memahami terlebih dahulu permasalahan klien.

d)     Kejelasan

Pesan yang tidak jelas akan membuat sasaran bingung sehingga tidak terjadi perubahan perilaku dan klien tidak melakukan pesan yang diberikan oleh perawat.

e)      Kesinambungan dan Konsistensi

Agar pesan yang disampaikan bisa konsisten dan brkesinambungan, seorang perawat perlu membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan intervensi atau berkomunikasi dengan klien. Disamping itu perlu adanya pemahaman yang sama antara tenaga kesehatan yang tergabung dalam tim agar informasi yang diberikan kepada klien sama atau konsisten agar terjadi perubahan perilaku klien.

f)       Saluran

Saluran terdapat dan berperan pada media. Media yang digunakan harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. Pemilihan media yang tepat dapat meningkatkan pemahaman klien sehingga perubahan yang diharapkan dapat tercapai.

g)      Kapabilitas Sasaran

Kapabilitas sasaran terdapat pada komunikan dalam menyampaikan pesan, komunikator harus memeperhitungkan kemampuan sasaran dalam menerima pesan yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, sosial ekonomi, sosial budaya dan sebagainya.

Selain faktor-faktor diatas, faktor lain yang mempengaruhi komunikasi adalah :

  • Faktor psikologis

seperti sikap, pengalaman hidup, motivasi, kepribadian dan konsep diri.

  • Faktor Sosial

Seperti usia, jenis kelamin, kelas sosial, suku, bahasa, kekuasaan dan peran sosial.

 


Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi dalam Pelayanan Keperawatan

Menurut Perry dan Potter (1987), beberapa faktor yang mempengaruhi  jalannya pengiriman dan penerimaan pesan (komunikasi) dalam pelayanan keperawatan antara lain:

a)      Persepsi

Merupakan cara seseorang menyerap tentang sesuatu yang terjadi di sekelilingnya. Pada umumnya terkait dengan fungsi pancaindra manusia yang mencakup proses penyerapan rangsangan yang diorganisasikan dan diinterpretasikan dalam otak kemudian dijadikan persepsi. Persepsi juga merupakan kerangka tujuan yang diharapkan dan hasil setelah mengobservasi lingkungan.

b)      Nilai

Nilai adalah keyakinan yang dianut seseorang yang sangat dekat dengan masalah etika. Komunikasi yang terjadi antara perawat dan perawat atau kolega lainnya mungkin terfokus pada bahassan tentang upaya peningkatan dalan memberikan pertolongan tentang masalah kesehatan. Sedangkan, komunikasi dengan klien hendaknya lebih mengarah pada memberikan support dan dukungan nasehat dalam rangka mengatasi masalah klien.

c)      Emosi

Emosi adalah subyektif seseorang dalam merasakan situasi yang terjadi disekelilingnya.Kekuatan emosi seorang dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan atau kesanggupan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.Komunikasi akan berjalan dengan lancar dan efektif apabila perawat dapat mengelola dengan emosinya.Kemampuan profesional seseorang dapat diketahui dari emosinya dan menjadi ukuran awal seseorang dalam merasakan,bersikap dan menjalankan hubungan dengan klien.

d)     Latar Belakang Sosial Budaya.

Faktor ini memang sedikit pengaruhnya namun paling tidak dijadikan pegangan bagi perawat dalam bertutur kata,bersikap dalam berkomunikasi dalam klien.

e)      Pengetahuan

Pengetahuan merupakan produk atau hasil dari perkembangan pendidikan. Perawat diharapkan dapat berkomunikasi dari berbagai tingkat pengetahuan yang dimiliki klien. Dengan demikian perawat dituntut mempunyai pengetahuan yang cukup tentang pertumbuhan dan perkembangan klien.

f)       Peran dan Hubungan

Dalam berkomunikasi akan sangat baik bila mengenal dengan siapa dia kasi. Kemajuan hubungan perawat dan klien adalah bila hubungan tersebut saling menguntungkan dalam menjalin ide dan perasaannya. Komunikasi efektif bila partisipan mempunyai efek dan dampak positif dalam menjalin hubungan sesuai dengan perannya masing-masing.

g)      Kondisi Lingkungan

Komunikasi berkaitan dengan lingkungan sosial tempat komunikasi berlangsung. Lingkungan yang kacau akan dapat merusak pesan yang dikirim oleh kedua pihak. Seorang perawat mempunyai wewenang untuk mengontrol kondisi lingkungan ketika klien datang. Perawat harus dengan tenang dan jelas dalam memberikan informasi kepada klien atau keluarganya.

Sumber: Mundakir.(2006). Komunikasi keperawatan. Yogyakarta. Graha Ilmu

Suryani, S.Kp, MHSc.2006. Komunikasi Terapeutik. Jakarta. EGC

www.google.com/social-sciencess/faktor-faktor yang mempengaruhi mempengaruhi komunikasi

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: